Blog

UKM Resimen Mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung (Menwa Sat. 714 Uniprima)

WhatsApp Image 2022-10-30 at 21.08.38
Berita

UKM Resimen Mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung (Menwa Sat. 714 Uniprima)

Resimen Mahasiswa (disingkat menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Markas komando Menwa bertempat diperguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan dasar militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

Anggota menwa (wira) di setiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa / mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung dibawah rektorat.

 

VISI ORGANISASI

 

Menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang disiplin, tegas, humanis, handal dan professional dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan, skhusunya dalam bidang Pertahanan dan Keamanan yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945, Panca Dharma Satya, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

MISI ORGANISASI

 

  1. Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaaan agar mampu melaksananakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar – dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan Pendidikan Nasional.
  2. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul dalam bidang pertahanan dan keamanan, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, dan berbudaya Indonesia.
  3. Mewujudkan kader – kader yang disiplin dan profisional, ilmiah dan bebudi baik.
  4. Menyebarkan nilai profesionalisme dan upaya menjadikan kampus yang tertib..
  5. Menjalin dan membina hubungan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak demi tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa. 

 

TUJUAN UKM RESIMEN MAHASISWA

 

  • Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.
  • Sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam Bela Negara.
  • Mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANRATA).

 

SEJARAH UKM RESIMEN MAHASISWA

 

  • MENWA merupakan organisasi pembelaan negara sebagai wujud cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pancasila dan UUD 45. Menwa berbeda dengan TNI maupun organisasi sipil lainnya. Menurut catatan sejarah Menwa, perjalanan MENWAselama ini dipenuhi dengan semangat heroisme dan patriotisme bela negara. Sejarah panjang MENWA dimulai dari 58 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1942, zaman pendudukan Jepang.
  • Cikal bakalnya bernama GAKUKOTAI, yang bersama-sama PETA, SEINENDAN, memulai titik balik sejarah bangsa Indonesia untuk lepas dari penjajah. Pada masa perang kemerdekaan, 1945-1952, bernama Tentara Pelajar (TP). Wajib Latih ini dibubarkan pada tahun 1960. Dan pada tahun 1963 atas inisiatif mahasiswa dan persetujuan pemerintah, kemudian diatur Wanpahankam No. M/A/20/1963, waktu itu dibentuklah salah satu wadah yang dinamakan Resimen Mahasiswa (MENWA) sampai sekarang ini. Jadi dari lahirnya dari tahun 1963 sampai sekarang kurang lebih sudah 38 tahun.
  • Kehidupan MENWA selama ini dipenuhi dengan berbagai macam gejolak dan perubahan. Sekitar tahun 1965, MENWA tugas MENWA adalah menghancurkan basis-basis PKI yang beraliansi dengan kelompok-kelompoknya di kampus. Saat ini, tugas Menwa sekarang ini adalah sebagai pasukan pembela Tanah air yang beranggotakan para mahasiswa. Menwa saat ini berlandaskan pada keputusan bersama tiga Menteri, yakni : Menteri Pertahan, Pendidikan Nasional, Menteri Dalam Negeri Nomor: Kep/39/Xi/1975,0246a/U/1975247 tahun 1975, serta otonomi daerah dengan nomor : KB/14/M/X/20006/KB/200039 A Tahun 2000 Tentang pembinaan dan pemberdayaaan resimen Mahasiswa dalam hal pembelaan Negara.

Pengorbanan adik – adik mahasiswa telah memperlihatkan pengabdian Bela Negara, kami di latih untuk mempersiapkan mental dan fisik, beladiri dan banyak lagi ilmu materi dasar kemiliteran. Semoga Negara  selalu dalam kedamaian. Jayalah selalu Menwa Sat. 714 UNIPRIMA – Muhammad Yusriadi

 

Leave your thought here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
  • ngopibet
  • imbaslot
  • asia76
  • a200m
  • ngopibet
  • ngopibet
  • dewa288