Blog

Kabar Baik, Kuliah S-1 dan S-2 di Uniprima Kini Lebih Singkat

WhatsApp Image 2023-10-11 at 12.50.16 (1)
Berita

Kabar Baik, Kuliah S-1 dan S-2 di Uniprima Kini Lebih Singkat

Previous
Next

Baru saja Universitas Puangrimaggalatung (Uniprima) mengumumkan sebuah kabar baik. Kampus yang yang resmi menjadi  universitas pasca-penyatuan beberapa PTS dalam lingkup Yayasan Perguruan Puangrimaggalatung Sengkang pada tanggal 31 Desember 2018 tersebut resmi mendapatkan sertifikat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi untuk menyeleggarakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Hal tersebut tentu merupakan kabar baik bagi masyarakat yang ingin menempuh pendidikan. Sebab, dengan adanya program RPL tersebut, maka pendidikan di Universitas Puangrimaggalatung dapat ditempuh lebih singkat dari umumnya.

“Ya, sekarang kuliah bisa lebih singkat, karena Uniprima sudah mendapatkan izin menyelenggarakan RPL, jadi ada beberapa kemudahan yang bisa didapatkan,” terang H. Darmawan Sanusi, Pengurus Yayasan Perguruan Puangrimaggalatung Sengkang yang ditemui oleh awak media di sela kegiatannya pada Senin (09/10/2023).

H. Darmawan pun melanjutkan bahwa mahasiswa yang mengikuti program RPL dapat menempuh pendidikan dalam waktu yang lebih singkat sebab melalui program RPL, pemerintah memberikan pengakuan SKS dari jejak pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan/atau pengalaman kerja. Dengan demikian, maka ada beberapa mata kuliah yang tidak perlu diprogramkan oleh mahasiswa sehingga masa studi yang ditempuhnya dapat lebih singkat. Tentu hal tersebut juga berdampak kepada biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa.

“Alhamdulillah kabar baik ini untuk kita semua, terutama kepada masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan namun terbatas waktu dan pekerjaan, semoga kesempatan baik ini dapat dimanfaatkan dengan baik pula,” pungkasnya.

Program RPL di Universitas Puangrimaggalatung dapat diikuti baik di jenjang S-1 maupun S-2. Ada beberapa program studi yang telah mendapatkan izin melaksanakan program RPL dan dapat dipilih oleh calon mahasiswa.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Puangrimaggalatung Sengkang,  Dr. Drs. Ambo Upe Abbas, M.Si. Ia menuturkan bahwa program RPL diselenggarakan oleh satu program studi jenjang S-2, yakni program studi Administrasi Publik dan tiga program studi jenjang S-1, yakni Administrasi Publik, Pendidikan Biologi, dan Administrasi Pendidikan.

 

Sekadar untuk diketahui, Universitas Puangrimaggalatung merupakan universitas pertama di kawasan Bosowasi dan saat ini terakreditas BAN-PT dengan predikat akreditasi “Baik Sekali”. Beberapa program studi yang menyelenggarakan program RPL pun telah terakreditasi BAN-PT dengan predikat akreditasi “B”. Terbaru, kampus yang berdiri di Kota Sengkang, Kabupaten Wajo ini membuka program studi baru, yakni S-1 Administrasi Kesehatan.

Leave your thought here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!